TIPS MEMPERKUAT FUNGSI HATI

Apakah fungsi Hati dalam tubuh kita?

Hati merupakan organ tubuh kita yang memiliki fungsi utama yaitu sebagai Filter Darah. Darah yang beredar di tubuh kita akan dibersihkan dan disaring dari bahan-bahan beracun yang masuk ke tubuh melalui makanan atau pernafasan.

 

Fungsi Utama hati pada orang dewasa adalah :

• Menyimpan berbagai bentuk glukosa, vit B12, dan zat besi

• Penyediaan tenaga (zat gula) dan protein

• Pengeluaran hormon-hormon dan insulin.

• Pembentukan dan pengeluaran Lemak dan Kolesterol

• Penyaring dan pembuang bahan bahan beracun di dalam darah mealalui proses pembongkaran hemoglobin.

• Merubah amonia menjadi urea

Jadi kita sangat berkepentingan untuk sebisa mungkin membantu memperingan kerja hati kita, baik dengan cara mengatur asupan makanan, maupun dengan cara berolahraga.

 

Penyebab utama kerusakan hati

Ada beberapa faktor utama yang bisa menyebabkan kerusakan hati, antara lain:

1.Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama.

2.Tidak buang air di pagi hari.

3.Pola makan yang terlalu berlebihan.

4.Tidak makan pagi.

5.Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

6.Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan,zat pewarna,

pemanis buatan.

7.Minyak goreng yang tidak sehat. Sedapat mungkin kurangi penggunaan

minyak goreng saat menggoreng makanan, hal ini juga berlaku meski

menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan

mengkomsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali

dalam kondisi tubuh yang fit.

8.Mengkonsumsi masakan mentah ataupun sangat matang juga bisa menambah

beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3 / 5

bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga jangan

disimpan.

 

 

TIPS DIET MEMPERKUAT FUNGSI HATI

Dari kondisi diatas, berkaitan dengan perlunya kita menjaga fungsi hati agar tubuh tetap sehat dan bugar, di bawah ini ada beberapa Tips yang disampaikan oleh dr. M. Suwardi (seorang Dokter, Herbalis, Akupunkturis & Terapis Pola Makan Alami) yang disampaikan pada program Diskusi Panel membahas tentang Dislipidemia di Kantor Pusat Tahitian Noni International Indonesia Menara Anugerah lt.25 – kawasan Mega kuningan Jaksel pada tanggal 01-02-2011 lalu, antara lain:

1. Minumlah air 8 sampai 12 gelas air putih dalam sehari atau minimal dua liter

2. Hindari makanan atau minuman manis gula, soda, cola dan yang mengandung pewarna atau penyedap . Karena akan memberatkan dan meracuni hati.

3. Jangan makan saat tidak lapar dan jangan makan terlampau kenyang karena akan memberatkan fungsi hati dan menguras enzim

4. Jangan makan tergesa gesa, kunyahlah makanan selembut mungkin

5. Saat makan atau sesudah makan dibolehkan minum secukupnya saja

6. Ganti gula dengan madu Asli

7. Minum TAHITIAN NONI BIOACTIVE BEVERAGE setengah jam sebelum makan.

8. Hindari Makanan atau minumam yang membuat anda alergi. ( NONI bisa mengatasinya)

9. Selalu menyantap sayur di lalap atau di kukus atau di rebus. Baik untuk menyokong enzim tubuh. Enzim tubuh semakin berkurang seiring bertambahnya usia.

10. Konsumsilah makanan segar, jangan konsumsi makanan yang di panaskan lebih dari sekali

11. Konsumsi protein setiap hari seperti kacang-kacangan dan biji-bijian . Dan protein hewani yang kurang lemaknya seperti ikan kerang dan ayam kampung

12. Hindari sembelit dengan banyak konsumsi sayur dan minum air yang cukup. INGAT : Kurang serat dan tinggi protein hewani dan lemak jenuh membuat sembelit. Sembelit akan meracuni liver karena toksin di faces akan diserap kembali ke lever

13. Hindari lemak jenuh dan lemak jahat karena akan membuat perlemakan hati (LIVER FATTY

ACID)

 

NOTE :

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

• Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari.

• Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan “jadwalnya”.

• Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna.

. “ Tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang”.

Semoga bermanfaat

 

#plus dari berbagai sumber

 

About these ads
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: